Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Pada bulan puasa yang kita laksanakan sekarang terkadang membuat kita kurang nyaman dan percaya diri bila melakukan percakapan atau perbincangan dengan teman, kerabat, saudara, atau dengan pacar karena masalah bau mulut selama kita menjalankan ibadah puasa.Tapi tahukan anda bila bau mulut yang dialami saat berpuasa punya faktor penyebab utama sehingga menjadi mulut ber bau, adapun penyebab terjadinya bau mulut adalah adanya bakteri yang menghasilkan Gas Sulfur, tidak memproduksi Gas savila dan mempunyai penyakit maag dan diabetes.



Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan bagikan cara mengatasi bau mulut saat menjalankan ibadah puasa agar aktifitas harian kita jadi tambah percaya diri dan tidak malu - malu untuk berkomunikasi.

Berikut ini cara menghilangkan bau mulut saat puasa, antara lain:


1. Gosok Gigi Secara Rutin 


Apabila anda mengalami bau mulut pada siang hari saat menjalankan ibadah puasa maka usahakan menggosok gigi secara rutin pada saat selesai makan sahur, dan setelah buka puasa jangan lupa juga untuk menggosoknya kembali saat selesai makan. dengan rutinitas menggosok gigi akan mengurangi bau mulut yang dialami saat menjalankan ibadah puasa.

2. Minum Air Putih


Pada saat menjalankan ibadah puasa disarankan mengkonsumsi air putih yang banyak agar bisa membantu menghilangkan bau mulut pada saat puasa, karena dengan ini dapat meningkatkan produksi air liur (saliva) sehingga bisa menjaga kebersihan gigi dan mulut anda saat bukan puasa, oleh karena itu pada saat bulan puasa perbanyak minum air putih pada saat sahur dan buka puasa.

3. Makan Buah - Buahan


Selain mengkonsumsi air putih, mengkonsumsi buah - buahan juga dapat membantu mengurangi bau mulut saat berpuasa, buah yang bagus di makan untuk mengurangi bau mulut adalan seperti semangka, jeruk, pepaya, apel dan lain-lainnya.

4. Hindari Makanan Berbau Menyengat

 
Memakan makanan yang mempunyai bau yang sangat menyengat akan mudah menciptakan bau mulut saat puasa, oleh karena itu pada saat sahur dan buka puasa hindari makan makanan yang mempunyai aroma menyengat, contohnya antara lain Jengkol, Durian, Pete dan lain-lain. 

5. Hindari Makanan Yang Mudah Lengket


Memakan makanan yang mudah lengket akan mengakibatkan gigi menjadi kotor oleh sisa makanan tersebut sehingga sangat mudah membuat berkembang biaknya bakteri kuman pada mulut sehingga menciptakan bau mulut pada saat puasa. contoh makanan yang mudah lengket diantaranya adalah permen, biskuit, coklat, dan kue - kue basah. apabila terlanjur memakan makanan jenis itu segera dibersihkan dengan bersih dan benar agar pada saat siang hari tidak menimbulkan bau mulut anda.

6. Konsumsi Yogurt 


Memakan Yogurt memiliki manfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan tubuh anda, sehingga dapat menghindarkan terciptanya bau mulut pada saat anda menjalankan ibadah puasa, oleh karena itu lebih baik mengkonsumsi yogurt pada saat sahur dan buka agar terhindar dari bau mulut.

Demikian postingan saya tentang cara mudah menghilangkan bau mulut saat puasa dan semoga apa yang sudah saya bagikan bisa bermanfaat untuk anda yang stelah sudi membaca artikel yang saya share ini.

Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa