Tuesday, June 27, 2017

10 Cara Mudah Menghemat Kuota Internet di Android

Sudah tidak jadi rahasia umum lagi kalau kuota internet sekarang merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi semua pengguna ponsel pintar android. Dikarenakan Apa? Dikarena setiap kita ingin berselancar diinternet harus mempunyai kuota data internet agar kita bisa untuk berjelajah di dunia maya. Dan dengan adanya kuota internet kita dapat menggunakan android secara maksimal diantaranya untuk membantu menyelesaikan tugas kampus, sekolah, perkerjaan, dan berkomunikasi ataupun hanya sekedar ingin bersosial media seperti facebook, twitter, dan instagram.

Untuk masalah harga kuota internet sebenarnya di indonesia terbilang sangat mahal, saking mahalnya ada keresahan konsumen sampai terjadinya situs telkomsel di hack untuk menurunkan harga kuota internet. Tak heran ada hacker yang melakukan hal tersebut memang kenyataanya harga kuota internet sangat mahal. Oleh sebab itu kita harus pintar dan pandai pandai mengemat kuota internet agar kita bisa berlama-lama berselancar didunia maya. Dengan demikian pengeluaran kita juga akan lebih hemat lagi dalam hal membeli paket internet.


Dengan mahalnya harga kuota internet di indonesia sekarang ini membuat saya ingin berbagi cara menghemat kuota internet,ada beberapa cara untuk menghemat data internet pada ponsel android, mulai dari menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi. Berikut ini saya sudah menyiapkan sedemikian rupa agar dapat dipahami untuk anda semua yang kemungkinan lagi mencari cara untuk menghemat kuota internetnya.

Berikut ini cara Menghemat Kuota Internet pada Android

Cara Pertama: Beli Kuota Murah / Promo

Meskipun Harga kuota di indonesia bisa dibilang mahal, pasti masih ada pihak provider yang menyediakan paket murah. atau mungkin sim card anda medapat promo internet murah, dan pastinya  harga yang diberikan lebih murah ketimbang harga aslinya.

Cara Kedua: Mematikan Data Selular Saat Tidak Digunakan

Cara yang kedua ini dibilang paling ampuh untuk menghemat kuota, yaitu dengan cara mengunakan kuota seperlunya. Biasanya anda tidak mematikan data selular saat hp android tidak digunakan. Walaupun hp anda tidak digunakan, sebenarnya masih ada aplikasi yang berjalan dan menyedot kuota, tentu kuota anda akan terbuang sia sia kan? Jadi mulai sekarang matikan data selular saat ponsel tidak digunakan, salah satunya saat anda tidur.


 

 

Cara ketiga: Setting GPS ke mode offline

     
Ternyata fitur GPS dapat menguras kuota dengan cepat. Dan anehnya banyak orang yang tidak menyadari hal ini. Kuota akan banyak tersedot apabila anda menggunakan layanan built-in navigation, turn-by-turn directions, melihat traffic secara real time atau melihat map dengan mode satelite.


Untuk menghemat kuota anda bisa mengubah pengaturan aplikasi maps ke mode offline. Untuk pengguna android, anda bisa menyentuh search bar di atas aplikasi maps dan menggesernya kebawah sampai terdapat pilihan "save map to use offline". Dengan begitu anda bisa memilih save untuk berpidah ke mode offline. Sedangkan untuk iOS anda hanya perlu mengubah ke flight mode.
 

Cara Keempat: Non-aktifkan Sinkronisasi Otomatis

Tanpa disadari ternyata banyak akun yang melakukan sinkronisasi otomatis. Tentunya hal ini dapat menyedot kuota anda. Jadi untuk menghemat kuota internet bisa melakukan sinkronisasi otomatis dengan cara, masuk ke menu Settings > Accounts > kemudian pilih akunyang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Mudah bukan, dengan langkah sepele ini ternyata ampuh untuk menghemat kuota internet anda.


Cara kelima: Matikan Update Otomatis

Aplikasi android biasanya melakukan pembaruan secara berkala, dan biasanya anda diminta untuk update otomatis. Mungkin jika hanya satu atau dua yang diupdate tidak begitu terasa menguras kuota. Namun bayangkan jika aplikasi yang diupdate mencapai puluhan? bisa jadi 1 Gb hanya bertahan berapa jam saja hehe.

Untuk mengatasi masalah ini anda bisa mengatur update otomatis hanya saat menggunakan wifi. Caranya yaitu Anda bisa masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only. Dengan begitu pembaruan aplikasi hanya akan dilakukan jika anda sendang menggunakan wifi.

Cara Keenam: Memilih Aplikasi Hemat Kuota

Banyak aplikasi android tiruan yang jauh lebih hemat dibanding yang aslinya. Salah satunya yaitu aplikasi Facebook. Saya sendiri lebih suka menggunakan aplikasi Facebook Lite (facebook versi hemat hehe). Bukan hanya hemat, ukurannya pun sangat kecil tidak sampai 5mb.

Selain itu anda juga bisa menggunakan browser browser hemat kuota, banyak yang menganggap browser bawaan dapat menyedot banyak kuota. Di playstore sangat banyak aplikasi browser yang lebih hemat kuota daripada browser bawaan.

Cara ketujuh: Kurangi Upload dan Download

Kurangi upload dan download gambar, musik ataupun video. Karen sudah pasti akan menyedot banyak kuota. Kebanyakan anak suka selfi kemudian langsung upload di semua media sosial, bayangkan saja jaman sekarang ukuran foto bisa mencapai 5Mb lebih.

Cara Kedelapan: Memakai WIFI

Jika anda sedang nongkrong di cafe, restaurant maupun tempat tongkrong lainnya yang menyediakan wifi janganlah malu untuk menanyakan password. Saya juga biasanya nongkrong cuma pesen teh selebihnya buat internetan, kalo buat saya sendiri sih tidak masalah.

 

 

Cara Kesembilan: Berbagi File Lewat Bluetooth

Penggunaan bluetooth jaman sekarang sudah berkurang drastis. Mungkin saja sudah dilupakan oleh beberapa kalangan orang. Tapi jika ingin menghemat kuota maka gunakanlah bluetooth untuk berbagi file. Mungkin teman anda akan beranggapan bahwa anda itu pelit, tapi abaikan saja dari pada mengikuti gengsi tapi nyatanya borosin kuota.

Cara Kesepuluh: Batasi Penggunaan Data di Latar Belakang

Cara yang terakhir untuk menghemat kuota internet pada hp android yaitu dengan mengatur penggunaan data latar belakang. Banyak orang yang tidak menyadari hal ini, atau mungkin termasuk anda sendiri. Contohnya penggunaan data latar belakang yaitu update feed, widget cuaca, dan lain lain.

Untuk menonaktifkan penggunaan data di backround anda bisa masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK. Namun resikonya Anda akan ketinggalan notifikasi dengan cepat.


EmoticonEmoticon