Inilah Dampak Buruk Tidur Terlalu Lama yang belum anda ketahui

Share:
Masalah tidur untuk urusan kesehatan jangan dianggap sepele. Pasalnya, tidak sedikit orang yang pola tidurnya tidak teratur akan mengalami gangguan berbagai penyakit. Dampak kurang tidur bisa membuat kita kelelahan dan sulit berkonsentrasi. Namun, tidur lebih banyak dari biasanya juga akan menyebabkan hal serupa. Jika Anda tidur lebih lama dari malam sebelumnya, bisa jadi keesokan harinya badan terasa lebih letih dan lemas. Masalah ini bisa terjadi, karena tubuh kita lebih suka konsistensi. Sebenarnya tubuh kita membutuhkan waktu tidur dan bangun yang relative sama setiap harinya.

Inilah Dampak Buruk Tidur Terlalu Lama yang belum anda ketahui

Misalnya, biasanya Anda tidur selama delapan jam dan suatu ketika Anda tidur selama 10 jam atau bahkan lebih, maka ritme tubuh Anda akan rusak. Ritme tubuh yang terganggu bisa membuat sistem tubuh jadi berantakan dan lebih gampang lelah.

Rata-rata siklus tidur sekitar 90 menit. Seseorang biasanya menghabiskan lima siklus sepanjang malam. Jadi totalnya sekitar 7,5 jam. Tentu saja jumlah ini bervariasi pada setiap orang. Jika Anda menambah ekstra waktu, berarti Anda akan terbangun pada tahapan tidur ke 3 dan 4, dimana hal ini merupakan waktu tidur dalam. Bangun dalam tahapan tidur bukan hanya membuatnya sering pusing dan lemas, tetapi juga berdampak merasa kehabisan energi sepanjang hari.

Selain itu, durasi tidur ternyata tak selalu sebanding dengan kualitas tidur. Pada banyak kasus, tidur dengan waktu cukup lama, kualitas tidurnya justru rendah. Dan ketika terbangun, tubuh akan terasa  lelah.

Berikut Efek Buruk Tidur Terlalu Lama


# Pusing dan Sakit Kepala


Keseringan tidur terlalu lama mampu menyebabkan gangguan pada kepala seperti pusing. Hal ini terjadi karena tidur dalam waktu yang terlalu lama memengaruhi neurotransmitter di otak. Efeknya menimbulkan rasa sakit dan pusing di kepala saat Anda terbangun. Selain itu, hindari mengonsumsi terlalu banyak alkohol dan kafein saat akan tidur karena juga mampu memberikan efek buruk pada kepala. 

# Risiko Diabetes


Tidur yang lebih dari waktu normal juga membuat tubuh berisiko terkena diabetes. Saat Anda keseringan tidur terlalu lama, maka kadar gula dalam darah akan meningkat. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit ini dalam anggota keluarga, risikonya akan menjadi lebih besar. 

# Konsentrasi Menurun


Terbiasa tidur melebihi waktu normal juga mampu menyebabkan gangguan pada kemampuan dan kerja otak. Salah satunya adalah penurunan konsentrasi. Kebiasaan tidur lama menyebabkan otak menjadi lebih pasif dan tidak terbiasa digunakan secara efektif. Saat dipaksa untuk berpikir keras, maka Anda lebih rentan menjadi kebingungan. Solusi saat mengalaminya, Anda bisa meminum banyak air putih untuk mengembalikan kinerja otak ke sediakala. 

# Mudah Stress


Tidak hanya penyakit fisik, Anda juga bisa terserang gangguan kesehatan mental apabila terbiasa tidur lama. Saat merasakan stres, kebanyakan orang memilih untuk tidur. Hal ini dikarenakan adanya anggapan bahwa dengan tidur maka semua masalah bisa terlupakan. Namun hal tersebut justru memperparah stres, terutama setelah Anda bangun tidur. Alih-alih tidur, Anda bisa menyibukkan diri dan pikiran dengan melakukan kegiatan positif seperti berolahraga atau melakukan hobi. 

# Menyebabkan Obesitas


Intensitas tidur yang terlalu lama menimbulkan risiko akan obesitas. Hal ini dikarenakan lemak makanan yang dikonsumsi akan lebih mudah tertimbun di tubuh. Padahal tubuh membutuhkan banyak aktivitas fisik untuk membakar lemak yang dikonsumsi. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang suka atau lebih banyak tidur memiliki risiko 21 persen lebih tinggi terkena obesitas dibanding yang tidak.


Bagaimana cara mengatur jadwal tidur yang tepat bagi Anda? Mulailah dengan mengetahui kapan Anda merasa perlu bangun tidur pada pagi hari dan hitung mundur 7,5 jam. Jumlah waktu tersebut yang diperlukan tubuh untuk mendapatkan lima siklus tidur. Dan ketika bangun, kita pun akan merasa segar dan siap menyongsong hari yang cerah.

1 comment:

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://auliyaskincare.com/ertos-ee-whitening-aircushion/

    ReplyDelete